Ciri dan Jenis Menarik dari Bunga Sedap Malam

Sejak dulu, bunga sering dimanfaatkan sebagai hiasan atau ada juga yang dipakai untuk pembuatan parfum. Bunga sedap malam memiliki nama latin polianthes tuberosa. Bunga yang berasal dari Meksiko ini sering digunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikannya bangsa Aztec. Bunga sedap malam yang sudah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur ini tumbuh sepanjang tahun pada bulan Februari hingga Oktober.

Sejak dulu, bunga sering dimanfaatkan sebagai hiasan atau ada juga yang dipakai https://www.almuttaqienbalikpapan.com/ untuk pembuatan parfum. Bunga sedap malam memiliki nama latin polianthes tuberosa. Bunga yang berasal dari Meksiko ini sering digunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikannya bangsa Aztec. Bunga sedap malam yang sudah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur ini tumbuh sepanjang tahun pada bulan Februari hingga Oktober. Bagi pecinta bunga pasti ingin memilikinya, mungkin kamu adalah salah satunya. Untuk semakin menambah pengetahuan kamu tentang bunga ini, mari simak penjelasan berikut:

Ciri-Ciri Bunga Sedap Malam

Ada beberapa ciri-ciri bunga sedap malam yang bisa dikenali.

  • Bunga jenis ini tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak.
  • Daunnya berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilap di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun.
  • Ada bintik-bintik berwarna kemerah-merahan pada pangkal daunnya.
  • Ukuran daunnya bisa mencapai sepanjang 60 cm.
  • Bisa bertahan hingga 5 hari walau sudah di potong-potong.

Jenis-Jenis Bunga Sedap Malam

Diperkirakan ada sekitar lima belas spesies dengan genus polianthes dengan sembilan spesies bunganya berwarna putih, satu berwarna putih dengan merah, dan dua berwarna merah. Jika berdasarkan jumlah kelopak yang dimiliki setiap bunga, maka bunga sedap malam memiliki 4 tipe yaitu:

Jenis Single

Bunga jenis ini memiliki mahkota bunga yang jumlahnya hanya satu baris. Jenis ini memiliki aroma yang lebih kuat daripada bunga sedap malam yang lain, sehinga banyak diambil bunganya dijadikan minyak esensial atau diambil ekstraknya dan juga dijadikan hiasan. Berikut ini yang termasuk jenis single yaitu Hyderabad Single, Calcutta Single, Phule Rajani, Mexican Single, Kalyani Single, Shrinagar, Prajwal, arka Nirantara, Rajat Rekha, Kahikuchi Single, dan Pune Single.

Jenis Semi-Double

Bunga sedap malam jenis ini memiliki dua sampai tiga baris mahkota bunga dengan batang yang lurus. Bunganya berwarna putih, biasa digunakan untuk bunga potong dan diambil ekstraknya. Ada 1 jenis Semi-double yang dinamakan dengan Roro Anteng.

Double

Jenis yang satu ini memiliki lebih dari tiga baris mahkota bunga dalam tangkai yang lurus. Dengan bunga yang berwarna putih dan juga ada yang kemerahan. Jenis double ini memiliki beberapa jenis bunga yaitu Suvasini, Vaibhav, Pearl Double, dan Dian Arum.

Jenis Variegata

Pada jenis ini pada daunnya terlihat garis yang keperakan atau kuning keemasan. Yang termasuk jenis ini yaitu Rajat Rekha dan Swarna Rekha.

Morfologi Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam memiliki bentuk pipih memanjang dengan bagian pangkal daun terdapat bintik kemerahan. Warnanya yang mengkilap, bergradasi hijau agak tua di bagian atas, dan hijau mudah di bawahnya membuat tanaman ini sedap dipandang. Dengan ukuran daunnya yang dapat mencapai 60 cm, Sedap Malam memiliki batang semu yang dapat tumbuh menjadi beberapa umbi induk untuk menyimpan makanan. Umumnya tangkai Bunga Sedap Malam tumbuh di ujung tanamannya. Berbentuk panjang dan beruas-ruas dengan tiap ruasnya ditumbuhi bunga-bunga dengan ukuran kecil.

Bunga tersebut bisa tumbuh 5 hingga 12 kuntum di tiap satu ruasnya. Uniknya bunga ini tidak tumbuh secara serempak, melainkan secara bertahap. Bagian yang tumbuh terlebih dahulu adalah bagian yang berada di bawah tangkai. Kemudian menyusul semakin ke bagian atas. Aroma yang ditimbulkan dari Bunga Sedap Malam ini juga sangat harum. Aromanya tahan lama bahkan tetap tercium kuat walau telah dipotong dan layu.

0 Shares
editor
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0 Shares